Pengecekan Merek

Pengecekan merek adalah proses untuk mengetahui apakah merek yang bersangkutan telah didaftarkan oleh pihak lain atau tidak.
Anda dapat melakukan pengecekan merek pada Pangkalan Data Kekayaan Intelektual milik Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual pada link berikut ini:
https://pdki-indonesia.dgip.go.id
Namun apabila anda akan melakukan pendaftaran merek (pra pendaftaran), maka Pengecekan Merek dengan mencari apakah ada merek yang sama yang telah terdaftar terlebih dahulu sebagaimana proses diatas, adalah tidak cukup. Pengecekan Merek harus dilakukan secara Komprehensif, kemudian dilakukan analisa sesuai ketentuan Undang-Undang Merek.

Untuk melakukan Pengecekan Merek pra-pendaftaran, anda harus mampu melakukan query pada Database merek secara benar sbb.:

  1. Query dilakukan untuk merek-merek pada jenis barang atau jasa sejenis.
    Kriteria penentuan barang dan/atau jasa sejenis dapat berupa barang dengan barang, barang dengan jasa, atau jasa dengan jasa dengan ditentukan berdasarkan:
    1.  sifat dari barang dan/atau jasa;
    2. tujuan dan metode penggunaan barang;
    3. komplementaritas barang dan/atau jasa;
    4. kompetisi barang dan/atau jasa;
    5. saluran distribusi barang dan/atau jasa;
    6. konsumen yang relevan; atau
    7. asal produksi barang dan/atau jasa
    Sebagai contoh:
    Jenis barang "Pakaian" kelas merek 25 akan sejenis dengan jenis barang "Kain tekstil" pada kelas merek 24, dan sejenis dengan  jenis jasa "Penjualan pakaian/toko pakaian".

  2.  Query dilakukan tidak hanya pada merek yang sama, akan tetapi juga pada merek yang mirip, dalam undang undang merek disebut sebagai Merek yang memiliki persamaan pada pokoknya.
    Yang dimaksud dengan “persamaan pada pokoknya” adalah kemiripan yang disebabkan oleh adanya unsur yang dominan antara Merek yang satu dengan Merek yang lain sehingga menimbulkan kesan adanya persamaan, baik mengenai:
    1. bentuk,
    2. cara penempatan,
    3. cara penulisan,
    4. atau kombinasi antara unsur,
    5. maupun persamaan bunyi ucapan, yang terdapat dalam Merek tersebut. (Penjelasan Pasal 21 Ayat (1) huruf a  Undang Undang No 20 Tahun 2016 tentang Merek.)

klik untuk info detil tentang Persamaan Pada Pokoknya

Hasil Penelusuran dari Query diatas kemudian dilakukan Analisa terhadap ketentuan ketentuan Undang Undang tentang Merek yang tidak dapat didaftar dan yang ditolak.

IPINDO membantu anda melakukan pengecekan merek secara komprehensif dengan melakukan Analisa Penelusuran Merek.

IPINDO® || SK. Menteri Hukum & HAM Republik Indonesia . No.: M.HH-40.HI.07.01 2011 ||
   081572345669 - call:081222203669

Konsultan HKI Terdaftar

Konsultan HKI Terdaftar

Konsultan HKI Terdaftar.
Nomor: 552
SK. Menteri Hukum & HAM
Republik Indonesia
No.: M.HH-40.HI.07.01 2011

 

Live Chatting

 

Go to top