PENDAFTARAN PATEN ONLINE

Pendaftaran Paten terjamin, mudah, dan terpercaya.
Formulir:  .
Informasi:
.
.


PENDAFTARAN PATEN
IPINDO®
layanan online
Konsultan HKI Terdaftar
pada
Direktorat Jenderal
Kekayaan Intelektual
Kementeri Hukum & HAM
Republik Indonesia

 


Pendaftaran paten diajukan sesegera mungkin.

pendaftaran patenSistem Paten Indonesia menganut sistem First to File yaitu suatu sistem pemberian Paten yang menganut mekanisme bahwa seseorang yang pertama kali mengajukan permohonan pendaftaran paten dianggap sebagai pemegang Paten, untuk itu permohonan Pendaftaran Paten sebaiknya diajukan secepat mungkin.

Hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum mengajukan permohonan Pendaftaran Paten.

  1. Melakukan Penelusuran Paten. Tahapan ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang teknologi terdahulu dalam bidang invensi yang sama (state of the art) sehingga inventor dapat melihat perbedaan antara invensi yang akan diajukan permohonan Patennya dengan teknologi terdahulu tersebut. Klik untuk melakukan Penelusuran Paten sebelum dilakukan permohonan Pendaftaran Paten.
  2. Melakukan Analisa Paten. tahapan ini dimaksudkan untuk menganalisis apakah ada perbedaan dari invensi yang akan diajukan permohonan Patennya dibandingkan dengan Invensi terdahulu. Jika invensi yang dihasilkan tersebut mempunyai perbedaan dibandingkan dengan teknologi terdahulu, maka invensi tersebut sebaiknya diajukkan permohonan Pendaftaran Paten. Sebaliknya jika tidak ditemukan perbedaan, maka invensi tersebut sebaiknya tidak perlu diajukan untuk menghindari kerugian dari biaya pengajuan permohonan Pendaftaran Paten.

tags: pendaftaran paten, daftar paten, IPINDO intellectual property indonesia - Layanan Online Konsultan HKI Terdaftar di Dirjen HKI.


Invensi Yang Dapat Diberikan Paten

Paten diberikan untuk Invensi yang baru mengandung langkah inventif serta dapat diterapkan dalam industri.

Suatu Invensi dianggap baru jika pada Tanggal Penerimaan Invensi tersebut tidak sama dengan teknologi yang diungkapkan sebelumnya.

  • Invensi adalah ide inventor yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi, dapat berupa produk atau proses, atau penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses. Invensi tidak mencakup: (1) kreasi estetika; (2) skema; (3) aturan dan metode untuk melakukan kegiatan: a. yang melibatkan kegiatan mental, b. permainan, c. bisnis; (4) aturan dan metode mengenai program komputer; (5) presentasi mengenai suatu informasi.
  • Tanggal Penerimaan adalah tanggal Direktorat Jenderal menerima surat Permohonan Pendaftaran Paten yang dilengkapi pernyataan permohonan untuk dapat diberi Paten, klaim yang terkandung dalam Invensi, deskripsi tentang Invensi yang secara lengkap memuat keterangan tentang cara melaksanakan Invensi, dan gambar yang disebutkan dalam deskripsi yang diperlukan.
  • Teknologi yang diungkapkan sebelumnya, sebagaimana dimaksud adalah teknologi yang telah diumumkan di Indonesia atau di luar Indonesia dalam suatu tulisan, uraian lisan atau melalui peragaan, atau dengan cara lain yang memungkinkan seorang ahli untuk melaksanakan Invensi tersebut sebelum Tanggal Penerimaan atau Tanggal prioritas.
  • Suatu Invensi mengandung langkah Inventif jika Invensi tersebut bagi seseorang yang mempunyai keahlian tertentu di bidang teknik merupakan hal yang tidak dapat diduga sebelumnya. Penilaian bahwa suatu Invensi merupakan hal yang tidak dapat diduga sebelumnya harus dilakukan dengan memperhatikan keahlian yang ada pada saat Permohonan diajukan atau yang telah ada pada saat diajukan permohonan pertama dalam hal Permohonan itu diajukan dengan Hak Prioritas.

Paten tidak diberikan untuk Invensi tentang

  • Proses atau produk yang pengumuman dan penggunaan atau pelaksanaannya bertentangan dengan peraturan perundang undangan yang berlaku, moralitas agama, ketertiban umum, atau kesusilaan;
  • Metode pemeriksaan, perawatan, pengobatan dan/atau pembedahan yang diterapkan terhadap manusia dan/atau hewan; Teori dan metode di bidang ilmu pengetahuan dan matematika; atau
  • semua makhluk hidup, kecuali jasad renik;
  • proses biologis yang esensial untuk memproduksi tanaman atau hewan, kecuali proses non biologis atau proses mikrobiologis.

Persyaratan Pendaftaran Paten:

Ipindo membantu anda mempermudah untuk mengajukan permohonan Pendaftaran Paten, cukup dilakukan secara online dengan persyaratan: 1. Fotocopy KTP/KTP Direktur. 2. Fotocopy Akta Pendirian badan Hukum yg dilegalisasi notaris (jika atas nama Badan Hukum). 3. Surat Pernyataan. 4. Surat Kuasa. 5. Surat Pengalihan Hak, bila Pemohon bukan inventor, 6. Spesifikasi Paten. Persyaratan permohonan Pendaftaran Paten Point 3s/d4 akan disiapkan ipindo. klik disini untuk melakukan Permohonan Pendaftaran Paten.

IPINDO® || SK. Menteri Hukum & HAM Republik Indonesia . No.: M.HH-40.HI.07.01 2011 ||
   081572345669 - call:081222203669

Konsultan HKI Terdaftar

Konsultan HKI Terdaftar

Konsultan HKI Terdaftar.
Nomor: 552
SK. Menteri Hukum & HAM
Republik Indonesia
No.: M.HH-40.HI.07.01 2011

 

Live Chatting

 

 

Go to top