Konsultan Paten Merek Terdaftar    SK. Menhum & HAM RI
No.: M.HH-40.HI.07.01 20101

penguruan HKI onlinePENGURUSAN HKI ONLINE

IPINDO Intellectual Property Indonesia, adalah Konsultan HKI Terdaftar Online dengan menggunakan Advanced IP Management System memudahkan anda dalam pengurusan HKI online, diantaranya melakukan :

Pendaftaran Merek

Pendaftaran Paten

Pendaftaran Hak Cipta

Pendaftaran Desain Industri

Pengajuan keberatan/sanggahan, Oposisi, Banding, Pengalihan Hak, dll.

HKI dalam sebuah produkHKI DALAM SEBUAH PRODUK

Sebuah produk dapat memiliki bermacam-macam jenis Hak Kekayaan Intelektual. Sebagai contoh misalnya sebuah Handphone. Merek: Samsung, Nokia, dll; Paten: Teknology layar sentuh, dll; Hak Cipta: Program Aplikasi, Game, dll; Desain Industri: Desain bentuk dan konfigurasi keypad, dll.

Pin it

Apa Itu Paten

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi baru yang dapat mengatasi masalah, baik berupa Produk, Proses, atau penyempurnaan dari Produk atau Proses tersebut.

Terdapat dua jenis paten : 

1. Paten   2 Paten sederhana  

a. spesifik dibidang teknologi
b. baru
c. inventif
d. dapat diterapkan dalam industri
e. jangka waktu perlindungan : 20 Tahun.
f. Sistem perlindungan : Konstitutif.
  a. spesifik dibidang teknologi
b. baru
c. dapat diterapkan dalam industri
d. jangka waktu perlindungan : 10 Tahun.
e. Sistem perlindungan : Konstitutif.

Paten Sederhana

Setiap invensi berupa produk atau alat yang baru dan mempunyai nilai kegunaan praktis disebabkan karena bentuk, konfigurasi, konstruksi atau komponennya dapat memperoleh perlindungan hukum dalam bentuk paten sederhana.

Invensi

Invensi adalah ide inventor yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi, dapat berupa produk atau proses, atau penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses.

Inventor

Inventor adalah seorang yang secara sendiri atau beberapa orang yang secara besama-sama melaksanakan ide yang dituangkan ke dalam kegiatan yang menghasilkan invensi.

pemegang Paten

Pemegang Paten adalah inventor sebagai pemilik paten atau pihak yang menerima hak tersebut dari pemilik paten atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak tersebut, yang terdaftar dalam daftar umum paten.

Hak yang dimiliki oleh pemegang hak Paten

  1. Pemegang hak paten memiliki hak eklusif untuk melaksanakan Paten yang dimilikinya dan melarang orang lain yang tanpa persetujuannya :
    • Dalam hal Paten Produk : membuat, menjual, mengimpor, menyewa, menyerahkan, memakai, menyediakan untuk di jual atau disewakan atau diserahkan produk yang di beri paten.
    • Dalam hal Paten Proses : Menggunakan proses produksi yang diberi Paten untuk membuat barang dan tindakan lainnya sebagaimana yang dimaksud diatas.
  2. Pemegang Paten berhak memberikan lisensi kepada orang lain berdasarkan surat perjanjian lisensi.
  3. Pemegang Paten berhak menggugat ganti rugi melalui pengadilan negeri setempat, kepada siapapun, yang dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam butir di atas.
  4. Pemegang Paten berhak menuntut orang yang dengan sengaja dan tanpa hak melanggar hak pemegang paten dengan melakukan salah satu tindakan sebagaimana yang dimaksud dalam butir di atas.

 Klik disini untuk melakukan Pendaftaran Paten.

 

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Konsultan HKI Terdaftar

Konsultan HKI Terdaftar

Konsultan HKI Terdaftar.
Nomor: 552
SK. Menteri Hukum & HAM
Republik Indonesia
No.: M.HH-40.HI.07.01 2011

Online Chatting

IPINDO Office

Office address:
Citra Green Garden 30, Jl. Cikutra 157 Bandung 40124.

click to call from smartphone:
081572345669
0227213489
click to see IPINDO MAP

Go to top